17 Mei 2014

Cara Menggunakan SSH di Ponsel Android

Cara Menggunakan SSH di Ponsel Android - Sepertinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SSH, Banyak orang menggunakan SSH untuk internetan gratis, padahal guna ssh sendiri pertama kali bukan untuk berinternetan gratis melainkan sebuah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan.

Saking kreatifnya dan majunya perkembangan dunia teknologi, SSH kini dijadikan sebuah alat tempur untuk berinternetan gratis sepuasnya. Di indonesia SSH di gunakan untuk berinternetan gratis all operator seperti indosat, telkomsel, Axis, 3 three, smartfren dan XL.

Cara Menggunakan SSH di Ponsel Android

Selain itu kebanyakan para pengguna memanfaatkan SSH untuk berinternetan gratis di komputer atau laptop menggunakan modem internet. Pernahkah anda tefikir menggunakan SSH di ponsel smartphone android?

HP android adalah salah satu ponsel smartphone tercanggih di dunia, jadi bukan hal yang tidak mungkin menjalankan akun SSH di smartphone berbasis Sistem Operasi (OS) Android. Pada postingan kali ini saya ingin berbagi cara menggunakan SSH di ponsel smartphone android untuk anda.

Sebelum anda melihat cara menggunakan SSH pada ponsel android, anda harus memiliki sebuah akun SSH yang masih aktif tentunya. Nah bagi anda yang belum memiliki sebuah akun SSH, silahkan buat terlebih dahulu disini, gratis loh! Dan berikut ini adalah cara menggunakan SSH pada ponsel android.

1. Pertama-tama anda membutuhkan sebuah aplikasi android untuk membantu menjalankan SSH pada ponsel android. Silahkan download dan install aplikasi di bawah ini.


2. Setelah anda download dan install aplikasi tersebut, kemudian jalankan ConnectBot dan masukan username, host, dan port akun SSH yang sudah agan dapatkan di kolom yang sudah disediakan dengan format userSSH@hostSSH:portSSH. contoh: helloridwan@42.61.213.99:3128. lihat gambar dibawah.

Cara Menggunakan SSH di Ponsel Android

klik enter, setelah masuk disitu ada kolom untuk memasukan password, masukan password akun sshnya dan klik enter lagi.

Cara Menggunakan SSH di Ponsel Android

3. Setelah connect, klik menu > port forwards > menu > add port, pada kolom internal web server isi dengan 127.0.0.1 kemudian pilih (SOCK5) dan isi port 3128 kemudian Save.

4. Jalankan aplikasi Proxydroid yang sudah didownload dan isi host dengan 127.0.0.1 port 3128 (samakan dengan yang di atas), kemudian pilih (SOCK5), centang kolom Global Proxy selanjutnya connect kan.
5. Selesai, sekarang anda bisa internetan gratis menggunakan ssh di HP android.

Cara menggunakan SSH di ponsel android ini sebenarnya tidak jauh beda dengan menggunakan SSH pada komputer atau laptop dengan modem internet, Hanya saja menggunakan SSH pada ponsel android memang sedikit agak rumit.