20 Agustus 2014

Awas! Patah Hati Menyebabkan Penyakit Jantung

Semua orang pasti pernah merasakan sakit hati. Penyebab sakit hati seperti cinta ditolak, di PHP-in, diputusin hingga ditinggal pergi sang kekasih untuk selama-lamanya, semua itu pasti membuat diri seseorang yang merasakan akan cenderung sedih bahkan stres. Dan yang paling menimbulkan kesedihan yang mendalam adalah kematian kekasih. 

Hal itu harus diperhatikan bahwa sakit hati dan kesedihan yang terlalu lama dan terus-menerus dipendam akan menimbulkan penyakit. Sudah banyak studi yang menyatakan bahwa kematian seorang kekasih akan menimbulkan resiko bagi pasangannya.

Awas! Patah Hati Menyebabkan Penyakit Jantung

New England Journal of Medicine adalah salah satu yang mempublikasikan fakta diatas pada tahun 2006. Menurut JAMA Internal Medicine banyak orang yang terserang penyakit jantung atau stroke setelah kematian sang kekasih. 

Biasanya mereka (para peneliti) memakai "patah hati" untuk menandakan rasa sakit hati kehilangan seseorang yang dicintai. Dan studi yang mereka lakukan bahwa rasa sedih akibat rasa kehilangan akan berdampak besar pada jantung. Sehingga inilah yang merupakan resiko bila seseorang terus menerus memendam rasa sedih karena kehilangan seseorang yang dicintainya.

Hal yang sama diungkapkan oleh British Healt Foundation, kondisi rasa sedih dan sakit hati mengakibatkan jantung melemah yang membuat bilik jantung kiri berubah bentuk. Istilah ini disebut dengan stress cardiomyopathy, atau dalam istilah bahasa Jepangnya takotsubo cardiomyopathy.

Penyakit ini tak hanya dialami oleh orang yang sedang merasakan kesedihan, tetapi orang yang mengalami stes berat dan orang yang takut berbicara di depan banyak orang juga dapat terkena resiko ini.

Untuk mengatasi apabila anda merasakan salah satu "penyakit hati" yang telah disebutkan diatas. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. antara lain:

1. Ikhlas
    Dengan mengikhlaskan kepergian orang tercinta, akan mengurangi rasa kehilangan yang anda rasakan.

2. Nasehati Diri
    Nasehati diri anda dengan memberikan sugesti untuk diri anda bahwa semua orang pasti akan meninggal.

3. Segera "move-on"
    Memang tidak mudah apabila seseorang sudah terlanjut cinta, tetapi apa lagi yang dapat diperbuat paling tidak untuk sedikti melupakan kepergian kekasih atau pasangan.

3. Melatih Pecaya Diri
    Jika anda termasuk orang yang demam panggung atau takut berbicara didepan orang banyak, latihlah diri anda untuk lebih percaya diri seperti mengikuti pelatihan public speaking.

4. Refreshing
    Anda butuh refreshing ketika sedang merasakan stres akibat banyak masalah. Pergilah kesuatu tempat liburan, berkumpul dengan orang-orang terdekat dan lupakan sejenak masalah hingga pikiran anda segar. Setelah itu pikirkan untuk menyelesaikan masalah anda.

5. Sharing
    Berbagi atau sharing tentang masalah yang sedang anda hadapi kepada orang-orang yang anda percayai itu sangat berguna, paling tidak anda akan mendapatkan nasehat dari mereka. Tetapi yang harus anda perhatikan, pilihlah orang yang benar-benar dapat anda percayai.

6. Doa
    Terakhir yang tidak boleh anda lupakan adalah doa, dengan doa anda dapat mengungkapkan semua masalah dengan Tuhan, dan memohon petunjuk agar anda dapat menyelesaikan masalah.

Itulah tadi ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung yang disebabkan oleh patah hati. Dengan melakukan salah satu cara di atas, paling tidak anda dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung.